Wisata dan Sekitarnya

 


  • Candi Muarojambi, yang berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Jambi, yakni sekitar 30 kilometer, merupakan salah satu objek wisata sejarah di Provinsi Jambi.
Situs purbakala yang berada di di Kabupaten Muarojambi adalah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Kompleks situs candi kuno Muarojambi ini juga dikenal sebagai tempat pengajaran agama Buddha yang sudah ada sekitar seribu tahun lalu

Candi yang terletak di Danau Lamo, Maro Sebo, dan dekat dengan Sungai Batang Hari ini memiliki 82 reruntuhan bangunan kuno (menapo).

Tidak hanya luasnya yang diperkirakan berukuran delapan kali Borobudur, komplek Candi Muarojambi disebut juga sebagai situs kota kuno di Sumatera.

  • Jambi tidak hanya memiliki Gunung Kerinci dan Candi Muaro Jambi. Traveler juga bisa mengunjungi Jambi Paradise, destinasi asyik yang kekinian.

Lokasinya yang terletak di simpang Acai, sungai Gelam Kota Jambi, merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan berbagai keindahan alam. Mulai dari bermain perahu, flying fox, memberi makan ikan di danau dan bermain petak umpet di zona labirin.

Memiliki luas lahan sekitar 4 Hektar dan bentangan danau buatan yang hampir melingkari kawasan, turut memberikan banyak pilihan pada pengunjung untuk menikmati alam menggunakan sepeda santai. Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 30 ribu per orang.

  • Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Jambi-Sumatra Barat, mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari atas puncaknya, Rabu (31/7/2019) pukul 12.48 WIB. Abu kolom vulkanik dari kawah gunung tertinggi di Sumatra itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan condong ke arah timur.

Gunung Kerinci adalah gunung berapi bertipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Saat ini, status gunung dengan julukan atap Sumatra (3.805 MDPL) itu dalam status waspada level II sejak tahun 2007.

 

  • Tak kalah seperti di luar negeri, Jambi juga punya jembatan khusus pejalan kaki yang keren. Jembatan pedestrian ini jadi destinasi wisata paling hot di Jambi.

Jika biasanya jembatan difungsikan untuk dilewati kendaraan, maka lain halnya yang bisa traveler jumpai di Jambi. Jembatan satu ini tidak untuk melintas kendaraan, melainkan hanya untuk para pejalan kaki. Oleh karena itu, jembatan ini disebut sebagai Jembatan Pedestrian.

Meski badan jalan berukuran lebih lebar dari mobil, namun kendaraan bermotor diharamkan melewati jembatan ini. Di kedua ujung jembatan diberi tangga sehingga sepeda motor atau mobil tidak mungkin melewati jembatan ini.

  • Apakah Toppers tipe traveller yang senang mencicipi makanan khas suatu daerah? Kalau iya, maka kamu wajib mengunjungi provinsi Jambi di Pulau Sumatera!

Karena letaknya yang berada di wilayah timur Pulau Sumatera, masyarakat Jambi memiliki budaya dan adat yang satu rumpun dengan bangsa Melayu. Maka dari itulah, rasanya tidak aneh apabila Jambi memiliki variasi tujuan wisata kuliner yang beragam dan kaya akan rasa.

Kali ini, kami akan berbagi rekomendasi destinasi wisata kuliner Jambi yang dijamin bakal menggoyang lidahmu. Penasaran, kan? Yuk, intip tujuan wisata kuliner populer di Jambi berikut!

1. Mie Pangsit But Kaw
2. Pempek Selamat
3. Rumah Makan Aroma Cempaka
4. Mie Celor Xaverius
5. Restoran Pondok Kelapo
6. Pondok Pindang Sarinande Jambi
7. Kei Kopitiam
8. Warung Pindang Bi Cik
9. Siomay dan Batagor Mang Aceng

× WA
Telepon
Alamat kami